..::Kesejukan::..

Sunday, January 06, 2008

Empat tempat

Madinah, Mekkah, Mesir dan London adalah tempat yang saya sangat ingin menetap disana dan menjadi warga Negara disana seperti yang tercantum dalam My wish

..:: Madinah ::..

(Jam kota Madinah yang terletak dekat mesjid nabawi)

Antara Madinah dengan Mekkah,saya lebih senang dan cinta dengan Kota Madinah dari pada kota Mekkah karena Di Mesjid Nabawi yang ada di Madinah *ya iyalah, dimana lagi selain di Madinah ?* Area untuk akhwat sudah tersedia, terpisah dengan Ikhwan, pengaturannya lebih teratur dan rapi. Jadi, dimanapun saya duduk, ataupun mau sholat, saya pasti merasa nyaman dan tidak lagi di usir – usir oleh askar. Kalo Di Mesjidil Haram, sering banget di usir, baru saja menggelar sejadah agar duduk gak kedinginan eh datang deh askar dengan tegasnya

“Move hajjah move..”

aduuh.. kasian banget deh gue.. dosa apa yang di buat di tanah air sampe di suruh – suruh pindah :(

Tapi ternyata, pengalaman ini bukan saja terjadi pada diriku tapi juga pada beberapa teman. Oh iya, pernah juga semua akhwat tuh yah sudah rappiii banget shafnya, dan saya juga lagi asyik – asyiknya memandangi kakbah, tiba – tiba datang askar

“Annisa move Annisa move”

semuanya langsung memandang ke askar itu, “move bagaimana ???” pikirku, wong shafnya sudah teratur dengan rapi dan bentar lagi waktu sholat masuk

“yalla haj..!!” Kata sang askar,

*kalo gak salah, kata Yalla artinya pergi... tapi kasar banget*

seorang ibu yang berasal dari Diyanet berbicara dengan bahasanya dan sepertinya ibu itu protes. Hehehe kalo ingat kejadian itu, rasanya pengen ketawa karena si Askar berbicara pake bahasa arabnya dan si ibu tadi berbicara pake bahasanya, nyambung gak yah ??? hehehe kejadian ini sering banget terjadi, dua orang berbicara dengan bahasa yang berbeda.

Pernah juga suatu kali saya terjebak di antrean yang panjang banget untuk keluar dari mesjidil Haram dan terpisah dengan keluargaku, saya berada di tengah – tengah orang Bangladesh, ada seorang nenek berbicara padaku dengan bahasa Hindinya,

“I`m sorry mam, I don’t understand what do you say”

berkali – kali ku katakan itu pada si Nenek India tapi tetap saja dia berbicara padaku dengan bahasa hindinya, saya hanya tinggal bilang “iya… iya…”

Hal lain yang saya senangi dari mesjid Nabawi adalah di tempat wudhu, banyak terdapat askar akhwat, jadi kalo kita mengalami kesusahan atau ada masalah di tempat wudhu, ada yang Bantu.

Cuaca subuh hari di Madinah beda banget dengan di Mekkah, entahlah apa bedanya, tapi yang pasti saya merasa nyaman, sejuk banget gitchue… apalagi bakda sholat subuh… wih…. Jalan – jalan bentar di sekitar mesjid Nabawi… wiuh… ennak banget… hiks hiks hiks jadi rindu pengen ke sana :(

Yang enaknya lagi, banyak resto – resto yang jualan makanan Indonesia di sekitar Mesjid Nabawi, jadi kalo udah lapar tinggal nyari aja, resto yang mau di singgahi..

Satu tempat yang jadi tempat Favoritku adalah pasar Kurma… hehehe kenapa jadi tempat favoritku karena setiap toko kurma yang saya singgahi, pasti memberikan saya beberapa kurma gratis hehehehe jadi kenyang deh kalo ke Pasar Kurma, biar gak makan dari rumah gak papa hehehehe

(Ni Hasil jepretan secara sembunyi - sembunyi, lagi nunggu waktu sholat di Mesjid Nabawi)

*Berbakat jadi paparazi neh ukh.. karena berhasil membawa masuk camera di dalam mesjid Nabawi*

Kalo di Mesjid Nabawi kan ada sebuah tempat di bagian Mesjidnya yaitu Raodah (Taman surga,Al Hadist). Wah butuh perjuangan yang super duper keras untuk bisa sampe ke dalam karena Raodah di buka untuk akhwat hanya bakda sholat subuh dan bakda sholat Dzuhur. Pertama kali masuk kedalam, bareng dengan kakak dan rombongan Indonesia yang lainnya tapi setelah berjam – jam antre dan setelah berada di dalam, waktu sholat ashar pun tiba, itu artinya para akhwat yang berada di dalam harus segera keluar Karena Raodah itu tempat sholat untuk ikhwan jadinya gak sempat sholat deh disitu hiks hiks…


Besoknya nekat untuk mencoba sendiri dan alhamdulillah berhasil, tapi pemirsa, saya berbarengan dengan orang – orang Negro hehehe, saya hanya sendiri orang Indonesia, alhamdulillah mereka pada baik – baik tappi mereka tinggi banget… pada saat itu, saya merasa kaki saya gak nginjak lantai. Jadi, saya hanya ikut arus aja, kalo mereka ke kiri berarti saya terbawa ke kiri, mereka ke kanan, saya juga terbawa ke kanan. Saya merasa berada di Lautan, karena terombang ambing dengan mereka, saya kejepit loh….


Karena terombang – ambing tadi, saya terdampar (Ce ileh…) di shaf paling depan plus luas, duh… masya Allah enak banget deh sholat di situ, dan ada seorang askar akhwat yang baik banget menjaga diriku sementara sholat agar tidak terdorong oleh arus manusia dari belakang, Syukran ukhti…

..:: Mekkah ::..

Walopun disini kurang tertata rapi, tapi ada tiga hal yang membuatku benar – benar rindu dengan kota ini yaitu kakbah, air zam – zam dan Roti Kabab....

Kakbah

jelas tidak ada di Madinah. Memandangnya saja, sudah membuat hati dan jiwa ini sejuukkkkk banget. Air Zam – zam sebenarnya juga ada di madinah, tapi terbatas loh… kita tidak bisa membawanya pulang ke hotel. Kalo ketahuan membawa botol kosong, dijamin 100% botolnya pasti askar buang, tapi kalo di mekkah, berliter – literpun engkau membawa pulang air Zam – zam gak ada yang marah. Minum sepuasnya juga gak papa…

Roti Kabab,

(yang warna putih tuh daging ayam sedangkan yang satunya tuh daging kambing. tinggal pilih, kababnya mau isi apa...)

nah kalo di Madinah juga ada Roti kabab tapi rasanya beda bow… Lebih enak Roti Kabab yang ada Di Mekkah, dan juga lebih banyak dagingnya hehehe… Hampir semua tempat jual Roti Kabab di Madinah ku singgahi tapi tetap saja, di Mekkah yang lebih enak…. Dua hal lagi yang saya tidak temui di Madinah tapi ada di Mekkah yaitu Nasi Kebuli dan pasar seng. Mungkin, di suatu tempat di Madinah ada jual Nasi kebuli tapi selama disana saya tidak menemukannya. Kalo pasar seng, Nasami (pasti sekali) tidak ada di Madinah. hehehe...

Jika di Madinah, saya jarang banget bertemu ataupun bersama – sama dengan orang – orang dari Lain Negara, kebanyakan bersama – sama dengan orang Indonesia. Tapi kalo di Mekkah, malah sebaliknya, malahan senang banget kalo ketemu dengan Orang satu Negara. Pernah yah, waktu pas tiba di Mekkah, saya sedang dalam keadaan haid jadi tidak bisa langsung melihat kakbah dan masuk ke dalam mesjid. Akhirnya, saya hanya berada di teras mesjid nunggu keluarga yang lagi ibadah. Tengok ke kiri, tengok ke kanan yang ku lihat hanya orang – orang dari Lain Negara, setelah beberapa lama nunggu

“Indonesia ?” sapa seorang bapak kepadaku

“iya” saya langsung menoleh ke arah suara dan melihat tas yang di bawanya berbendera Indonesia, alhamdulillah… akhirnya ketemu juga dengan orang yang satu Negara,

“Saya juga dari Indonesia” Mendengar kalimat yang di ucapkan bapak tadi seperti mendengar kalimat yang sudah sangat sangat saya rindukan karena beberapa jam yang lalu hanya melihat dan mendengar perkataan beberapa orang yang sama sekali saya tidak mengerti bahasanya


..:: Mesir ::..

(Universitas Al - Azhar hasil googeling, soalnya belum pernah ke Mesir)

Ini mungkin karena terlalu banyak membaca Karya Habiburahman el shirazi yang selalu menggambarkan Kota Mesir dalam setiap karyanya. Jadi pengen banget ke sana… Pengen banget lihat dan masuk di Universitas tertua yaitu Al – Azhar University. Waktu jaman SMP dulu yah, jika ada yang Tanya “In nanti kuliah dimana ?” dengan tegas ku jawab “Al Azhar University”. Soalnya waktu SMP, saya sekolah di SMP Al – Azhar Palu yang merupakan cabang dari Al – Azhar Jakarta, saya kurang tau kalo SMP Al – Azharku itu adalah cabang dari Cairo atau tidak…

Tapi, Mesir menjadi daya tarik sendiri buatku karena Mesir adalah Bumi nya para Nabi


..:: London ::..

(Big Beng hasil googeling, soalnya belum pernah ke London)

Memang seh, ini kotanya orang kafir. Mayoritas penduduknya non Muslim tapi entah kenapa pengen banget kesana.


Well, dari empat tempat di atas, tempat yang paling saya senangi dan mupeng banget jadi warga negaranya adalah Madinah sampe – sampe pada saat disana saya pernah berdoa “Ya Robbi, jadikan hamba sebagai warga Negara kota ini. Amin…”. Tapi, entah kenapa sampe sekarang persiapan kesana belum ada. Bahasa arab masih ongol – ongol kalo katanya orang Makassar, karena saya benar – benar tidak tau dimana tempat untuk belajar ...

Labels:

posted by Indah Moidady at 10:31 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home