..::Kesejukan::..

Tuesday, July 10, 2007

Kafilah ITU...............

Sudah hampir 1 tahun saya berada kembali di kafilah ini walopun hanya menjadi seorang anggota di salah satu departemennya tapi rasanya tidak ada kemajuan yang berarti di dalamnya. Entahlah siapa yang salah, lagi pula jika kita hanya mencari kesalahan orang lain maka permasalahannya tidak akan pernah selesai dan jalan keluar pun tidak akan pernah di temukan….

Berkaca dari sebuah kisah nyata seorang akhwat, saya kemudian tersadar dan mulai membandingkan antara kemajuan di kafilah ini dan kemajuan di kafilah lain yang saya juga merupakan salah seorang petinggi di dalamnya.Kita sebut saja kafilah yang saya menjadi salah seorang petingginya adalah kafilah B dan kafilah yang satunya lagi adalah kafilah A.Kemajuan yang terjadi di kafilah B sangat memuaskan sedangkan di kafilah A begitu sangat tragis bukan hanya jalan di tempat bahkan mungkin kafilah A bisa di katakan sedang sekarat.di tambah lagi para pejuang – pejuangnya hilang entah kemana.
Jika di tinjau dari SDM yang berada di kafilah A dan B.Mereka sama – sama memiliki SDM yang patut untuk di banggakan dan menjadi harapan dengan kata lain kafilah A dan B memiliki SDM yang berkualitas tinggi.tapi,kenapa sampai kafilah B lebih maju daripada kafilah A ???

Sebelum berada kembali di kafilah A, saya sering memperhatikan pergerakan yang di lakukan oleh mereka dan setelah saya berada di dalamnya pun ternyata pergerakannya sama!!tidak ada yang berbeda dan istimewa.
Lain halnya dengan kafilah B.Pergerakan mereka masya ALLAH sekali,subhanallah… pergerakan mereka bagaikan gelombang ombak.Teratur, berirama dan tidak dapat di prediksikan gelombang apa yang muncul apakah gelombang kecil atau gelombang besar.Yang paling membuat saya takjub adalah kekompakan dan persaudaraan yang begitu kental di kafilah B,tidak memandang engkau datang dari mana dan siapa dirimu.Tujuan mereka hanya satu yaitu Dakwah.


Taktik…..


Yah…. Taktik mereka beda bahkan sangat jauh berbeda.Kalo katanya iklan di TV neh yah…. Semuanya ada formulanya.. kemungkinan sangat besar mengapa kafilah A jauh tertinggal adalah karena mereka kurang tepat atau salah menggunakan taktik.Ibaratnya seperti seorang dokter,jika ia salah memberikan diagnosis maka pengobatan dan terapi yang di berikan pada pasien juga akan salah,bukannya si pasien sembuh tapi malah penyakit pasien tersebut tambah parah atau bahkan mungkin sampai pada fase kematian……….
Karena kesalahan taktik inilah yang menyebabkan kafilah A tertinggal jauh,bahkan karena kesalahan taktik inilah yang menyebabkan pejuang – pejuangnya hilang entah kemana….

Hasil

Kafilah B tidak pernah melihat hasil yang di capai tapi kafilah B selalu melihat proses untuk mendapatkan hasil.Kafilah B tidak pernah mengoreksi hasil tapi kafilah B selalu mengoreksi tentang prosesnya.Karena bagi kafilah B perjalanan ini bukan hanya bagaimana kita bisa membagikan barang ini tapi bagaimana agar orang – orang yang berada di dalam kafilah ini mendapatkan kebahagiaan ketika memberikan barang ini.Kafilah B juga memiliki harapan agar hasil yang mereka dapatkan banyak tapi kafilah B tidak terfokus kearah situ mereka hanya terfokus ke Proses karena untuk apa kita memiliki hasil yang banyak kalo hasil itu tidak berberkah ???
Lain halnya dengan kafilah A mereka sangat terfokus dengan seberapa banyak hasil yang akan mereka dapatkan.Mereka tidak perduli dengan orang – orang yang berada di kafilah mereka.Apakah orang – orang yang berada dalam kafilah tersebut merasa nyaman,bahagia atau malah merasa tertekan ???

Muatan

Hal satu ini yang sangat mempengaruhi perjalanan dari sebuah kafilah.Kalo bahasa saya,di kafilah A kelebihan muatan.Muatan apa ?? Muatan amanah !! terkadang ada satu orang memiliki 2 muatan sekaligus di kafilah yang berbeda dan kedua kafilah tersebut memiliki tujuan dan taktik yang sama,sehingga kafilah A tidak berjalan dengan baik malah hanya jalan di tempat atau mungkin hanya berdiam diri ???apakah anda bisa melalui sebuah lautan dengan 2 kapal sekaligus??apakah anda bisa mendayung 2 perahu untuk melintasi sebuah danau pada waktu yang sama????

Sekarang saat nya bagi saya,engkau,dia dan mereka yang berada di Kafilah A mencontoh kafilah B.Mencontoh bagaimana proses kafilah B untuk sukses.Memang,rezeki datangnya hanya dari ALLAH tapi tidakkah kau ingat bahwa ALLAH telah berfirman dalam surat Ar – Rad ayat 11 yang berbunyi: “….Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…..” disini sangatlah jelas,untuk meraih kemajuan kita harus memiliki sebab.Kita harus bertindak untuk hasilnya kita serahkan sama ALLAH.
3 hal yang harus diperhatikan adalah taktik, hasil dan muatan….
SAATNYA untuk berubah !!!!!!!!!!!!!!!

Labels:

posted by Indah Moidady at 7:47 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home