..::Kesejukan::..

Sunday, June 08, 2008

Kejadian di Monas dan Front Pembela Islam (FPI) part. 1

Beberapa hari yang lalu, FPI menyerang sebuah perkumpulan yang kalo gak salah namanya AKBB di Monas. Begitulah kesimpulan yang dapat saya tarik setelah melihat berita yang masih hangat n selalu ditayangkan di TV. semua orang pasti tau tentang hal ini, tentang kejadian di Monas kemarin.

Nah, tadi alhamdulillah, Allah subhanahu wata'ala masih memberikan kesempatan dan nikmat untuk dapat hadir di taman syurga, majelis ilmu "Tadabbur Al - Qur'an" di mesjid Baiturahman panaikang, seperti biasa, majelisnya mulai jam 7 pagi, pertama, ustad mengajarkan cara membaca Al - Qur'an dengan baik, lengkap dengan tajwidnya, tadi kita sudah sampe di QS. Ali Imran ayat 153 - 154, setelah membahas satu persatu kata dan makna ayatnya serta sebab turunnya ayat, ustad memberikan materi di luar ayat yang dipelajari. Materinya bermacam - macam, biasanya tentang doa, tentang ukhuwah, atau tentang sesuatu yang sedang terjadi disekitar lingkungan ataupun yang terjadi dimasyarakat umum seperti yang lagi panas - panasnya sekarang yaitu tentang kasus FPI di monas.

Kita bahas dua hal tentang FPI terkait dengan kasus monas :
1. Tujuan FPI
2. Sikap FPI

¤ Tujuan FPI ¤

FPI bertujuan amar ma'ruf nahi mungkar.

Terkait dengan amar ma'ruf nahi mungkar, ada 7 dalil yang menjelaskan tentang kewajiban beramar ma'ruf nahi mungkar
1. QS.At Taubah ayat 71
"Orang - orang mukmin laki - laki dan perempuan, sebahagian mereka menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah yang mungkar, mendirikan shalat, menunaikan zakar dan mereka taat kepada Allah dan RasulNya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana"

Pada ayat diatas, ukhuwah islamiyah sangat erat sekali, tak peduli kau berasal dari mana, suku apa, dari lingkungan yang bagaimana, karena kita telah di ikat oleh tali persaudaraan yang sangat erat yaitu keimanan. Coba renungkan kalimat "orang - orang MUKMIN , laki - laki dan perempuan, sebahagian mereka menjadi penolong bagi sebahagian yang lain"

"mereka menyuruh yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar"
Merupakan sifat yang mutlak yang harus dimiliki oleh orang beriman bahkan sifat ini lebih dahulu disebutkan daripada mendirikan shalat karena agama ini tidak akan terjaga kemurniannya jika tidak ada lagi orang yang beramar ma'ruf nahi mungkar

2. QS.ALI IMRAN ayat 110
"kamu adalah sebaik - baik umat yang dilahirkan untuk manusia, kamu menyuruh (berbuat) yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar"

Nah, syarat pertama yang kudu wajib dipenuhi untuk menjadi umat terbaik adalah beramar ma'ruf nahi mungkar.

3. QS.ALI IMRAN ayat 104
"dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang mengajak kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar dan mereka itulah orang - orang yang beruntung"

Ini adalah sebuah perintah untuk kita bersatu dengan ikatan jamaah. Ibaratnya seperti sapu lidi yah, jika hanya satu biji, maka tidak akan mampu membersihkan halaman tapi jika sapu lidi itu banyak dan berada dalam ikatan yang kuat maka sebesar apapun halamannya, kita dapat membersihkannya.

Dan salah satu syarat untuk menjadi orang yang beruntung adalah beramar ma'ruf nahi mungkar

4. QS. Lukman ayat 17
"hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan dan laranglah mereka dari kemungkaran dan bersabarlah atas apa - apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu adalah urusan yang diutamakan"

Pada ayat diatas, Lukman menyuruh anaknya untuk beramar ma'ruf nahi mungkar kepada anaknya dan hal itu (amar ma'ruf nahi mungkar) merupakan urusan yang diutamakan.

Anak kecil aja diberikan perintah untuk beramar ma'ruf nahi mungkar, masa seh kita kalah dengan anak kecil ?

5. Dari Abu Sa'id Al khudri RA, ia berkata : 'Aku mendengar Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 'Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran hendaklah dia mencegahnya dengan tangannya. Jika dia tidak sanggup, maka dengan lisannya. Dan jika ia tidak sanggup juga, maka dengan hatinya dan itu adalah selemah - lemahnya iman' (HR.MUSLIM)

6. Ada sebuah hadist lagi tapi afwan jiddan saya belum hafal. Hadist yang tentang orang - orang yang dibagian bawah perahu, ingin melubangi perahu untuk mengambil air secara instan tapi dicegah oleh orang - orang yang berada di atas. Somebody help me, please write that hadist...

7. QS.Al maidah ayat 78 - 79
"telah dilaknat orang - orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam,demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas. Adalah mereka tidak saling melarang dari kemungkaran yang mereka selalu perbuat. Sungguh amat buruklah apa yang mereka perbuat itu."

Mau seperti Bani Israil ?

Hal ke dua, yaitu Sikap FPI
Jujur be ge te, saya kurang setuju dengan sikap yang dilakukan oleh FPI pada saat di Monas kemarin, apalagi dari perkumpulan itu buanyak ibu - ibu dan anak - anak. Tapi, disatu sisi saya menghargai, menghormati dan mendukung tindakan FPI. Untuk kasus yang dimonas, yah saya maklumi karena orang - orang FPI adalah manusia bukan malaikat, mereka juga bisa berbuat khilaf, namanya juga manusia.

Masalah pembubaran FPI, saya sangat - sangat tidak setuju !! Semua orang berhak mendapatkan kesempatan kedua, apalagi jika kita flashback, FPI sudah banyak berjasa bagi ummat ini, terlebih lagi, pada saat stunami aceh... Jangan melihat sebelah matalah, benar yah kata pepatah, panas setahun di hapus hujan sehari.

Labels:

posted by Indah Moidady at 10:42 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home