..::Kesejukan::..

Wednesday, November 22, 2006

Menjawab Salam dari Orang Non Muslim

Hari ini,saat cek e-mail,masya Allah.... banyak nya e-mail yang masuk 205 mails received,maklumlah saya daftarkan e-mailku ke mailing listnya assunnah.or.id jadi,kalo ada yang nanya,menjawab,cerita pengalaman ke mailing tersebut,langsung deh terkirim juga ke saya.Hari ini,e-mail yang paling menarik adalah "Menjawab salam dari Orang Non Muslim" :
Jelas sekali, sememangnya seorang muslim dilarang memberi ucapan selamat kepada non muslim, kerana perbuatan tersebut dianggap sebagai do'a untuk mereka. Do'a itu ibadat.Ditempat saya terdapat 90% jiran yang bukan muslim, mereka sering mengucapkan, good morning, good evening apabila bertemu dipintu lif.Apabila tiba hari lebaran mereka akan mengucap Selamat Hari Raya.Sebagai seorang muslim yang lemah kita akan terasa seolah olah penghormatan yang diberi kepada kita harus dibalas sama.Dari pengalaman saya sendiri, balasannya ialah kalau mereka memberi ucapan "Good morning," saya hanya mengatakan " morning" saja, kalau " good afternoon, saya katakan "afternoon" saja dan seterusnya.Kalau mereka mengucapkan "Selamat Hari Raya" saya mengatakan "Thank you." Tetapi apabila mereka mengucapkan " Merry Christmas" saya hanya mengatakan " Christmas to you" tanpa "merry". Kerana ini bukan do'a untuk mereka.Dibandar bandar besar seperti diSingapura, terdapat kantor2 yang didalam terdapat berbagai penganut agama seperti Hinduism, Buddhism, Taoism termasuk muslim, apabila tibanya Hari natal, mereka akan mengucapkan "merry christmas & happy new year" dengan siapa saja yang mereka kenal tanpa mengira apa agamanya.Saya kira ini adalah satu kejayaan orang2 Nasaroh memerangkap orang2 yang berlainan agama, ia itu dengan cara tidak langsung memberi tahu kita bahawa " Christian adalah Agama UNIVERSAL.Yang lebih jelek apabila mereka meluru terus berjabat tangan tanpa mengira mahram atau bukan. Ini adalah satu dilemma bagi seorang muslim atau muslimah terutama sekali yang bekerja dengan majikan yang bukan muslim. Mungkin ada diantara antum yang dapat memberi idea yang dapat meringankan masaalah sebegini.Hanya Allah sahaja yang maha mengetahui atas apa yang kita niatkan....
Salam,,,nano_poenya <nanotop@gmail. com>
wrote:Assalamu'alaikum,Saya mau bertanya mengenai hukum mengucapkan selamat hari raya agamalain, seperti selamat hari raya natal, merry christmas dll. Belakanganini saya lihat di sekitar lingkungan saya (kantor dll), sepertinyasudah menjadi hal yang lumrah untuk mengucapkan hal itu denganberbagai alasan misalnya :- karena temen dekat/sahabat- karena boss/atasan- karena kekasih- karena sebelumnya mereka juga mengucapkan selamat idul fitriSaya sendiri sampai sekarang tidak pernah mau melakukan hal itu, tapisaya ingin dasar/dalil yang kuat dan sahih.Terima kasih sebelumnya.Assalamu'alaikum

Labels:

posted by Indah Moidady at 11:46 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home